Liburan Aktif Dan Kreatif

Liburan tahun baru adalah liburan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Tak terpungkiri juga oleh santri Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo. Walaupun liburan Desember 2020 ini tidak ada jadual perpulangan, samun para santri tetap semangat dan berceria di pesantren melalui program yang diselenggarakan oleh BES (Badan Eksekutif Santri) dalam bidang Softskilll dengan tema ” Liburan Aktif Dan Kreatif “. Softskill yang ditawarkan pada santri memiliki 7 cabang. Dimana setiap santri hanya diwajibkan untuk memilih salah satu diantaranya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

1. Home Industry

Dalam Home Industry santri diajarkan bagaimana membuat jajanan pasar. Dengan menu yang berbeda-beda di setiap harinya serta tantangan memasak yang dapat lebih mengasah kemampuan membuat santri baik Putra maupun Putri sangat bersemangat hingga pada puncaknya yakni membuat jajanan pasar yang harus dijual pada acara penutupan Softskill.

2. Bercocok Tanam

Dikarenakan batas waktu softskill yang singkat, maka pada Softskill bercocok tanam ini santri diajarkan menanam beberapa tanaman hias yang mudah berkembang biak, membuat pupuk organik, merawat tanaman, dan Hunting. Walaupun kebanyakan santri masih dalam usia SMP, namun mereka sangat bangga dengan julukan “Petani Muda” karena mereka menanam, merawat, dan menikmati hasilnya oleh keringat mereka sendiri. Bidang Softskill Bercocok Tanam ini pada puncak penutupan dan pameran juga menjual hasil karyanya.

3. Kaligrafi

Tulisan Arab nan indah tak semua orang dapat melakukannnya. Dalam Softskill kaligrafi ini santri memadukan tulisan kaligrafi dengan bahan-bahan yang unik. Diantaranya Bambu, Limbah Kayu ( graji ), dan styrofoam. Hasil karya yang indah ini kemudian dipamerkan dan dijual dalam puncak acara Softskill dan mendapatkan banyak penghargaan dari para pengunjung.

4. Mahir Kitab

Ditekankan pada membaca cepat, memaknai, dan bahsul masa’il. Dalam acara puncak, stand Kitab mengadakan kompetisi bahwa yang dapat membaca 1 Bab dalam kitab kuning maka diberikan Riward. Santri dan para pengunjung yang antusias menunjukkan kemampuannya. Dalam stand ini juga dihiasi dengan aneka macam kitab serta suara bacaan nadham alfiyyah yang dinadhamkan oleh santri kitab penghafal Alfiyyah.

5. Qiro’ah

Irama yang diajarkan dalam Softskill ini adalah irama bayati, dengan pilihan Surat An Nahl.

6. Speaking

Mahir berbahasa Inggris pastilah Softskill Speaking tujuannya. Metode pengajaran kilat namun mudah dimengerti menjadikan santri lancar berbicara Inggris walaupun dalam waktu 2 minggu. Pada puncak penutupan acara, santri yang mengambil Speaking menjadi MC/ Pembawa acara berbahasa Inggris.

7. Music Modern

Alat yang diajarkan adalah alat musik Gitar. Dalam waktu 2 minggu santri yang mengambil Softskill ini diharuskan menguasai 1 lagu pilihan dan 1 lagu wajib dan ditampilkan pada acara puncak.

 

 

 

Tinggalkan Balasan